Cuaca Ekstrem, Aktifitas Pelayaran ke Kepulauan Sumenep Ditunda

oleh -

SUMENEP: Aktifitas pelayaran di Kabupaten Sumenep, baik dari daratan ke kepulauan ataupun dari kepulauan ke daratan sementara ditunda. Penundaan pelayaran tersebut karena cuaca ekstrim melanda kabupaten ujung timur Pulau Madura.

Informasi yang didapatkan media ini, cuaca ekstrim atau cuaca buruk di Kabupaten Sumenep ini ditandai dengan angin kencang serta tingginya gelombang laut hingga 4 meter.

Dikonfirmasi terkait penudaan pelayaran ini, Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kalianget, Supriyanto menerangkan, penundaan aktivitas pelayaran di Pelabuhan Kalianget sudah dilakukan sejak 28 januari 2021.

Hanya saja, pada tanggal 2 Februari 2021, penundaan pelayaran tersebut diperpanjang hingga tiga hari kedepan karena kondisi gelombang tidak memungkinkan untuk kegiatan pelayaran.

“Sesuai surat edaran pertama, penundaan pelayaran seharusnya sampai Selasa 2 Februari 2021. Namun karena kami kembali menerima update cuaca dari BMKG terkait gelombang laut dan angin yang masih kencang, sehingga kami melakukan penundaan pelayaran untuk tiga hari ke depan,” katanya. Rabu, 3 Februari 2021

Menurut dia, penundaan aktivitas pelayaran itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan akibat cuaca ekstrem. Dengan demikian pihaknya memastikan tidak akan memberikan izin kepada operator untuk beraktivitas.

“Semua rute pelayaran sementara ditangguhkan,” jelasnya.

Hanya saja, meski dilarang KSOP Kalianget, terpantau di Pelabuhan III Kaliangat, Kapal Motor Penumpang Dharma Bahari Sumekar atau DBS III tujuan Pulau Kangean dan Sapeken tampak tetap menaikkan calon penumpang dan barang di Pelabuhan III Kalianget.NOE

No More Posts Available.

No more pages to load.