Puluhan Rumah Rusak Akibat Banjir Bandang Sungai Bedadung Jember

oleh -

Jember – Banjir bandang menerjang Kali Bedadung, Jember pada Jumat (29/1) malam mengakibatkan puluhan rumah di sepanjang daerah aliran sungai rusak. Banjir merendam 13 desa dan kelurahan yang tersebar di tujuh kecamatan.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Jember Heru Widagdo mengatakan ada 40 rumah yang rusak berat akibat bencana ini. Sedangkan 500 lebih rumah terdampak banjir bandang, baik kemasukan air sangat tinggi atau hanya selutut.

Untuk membersihkan material lumpur, TNI-Polri, BPBD, relawan dan korban banjir bahu membahu menyemprotkan air dengan kekuatan tinggi. Seperti yang dilakukan di Kecamatan Patrang.

Sisa lumpur tak hanya menerjang rumah, jalanan pun tak luput juga. Bahkan di sebuah perumahan Kecamatan Kaliwates lumpur menggenangi ratusan rumah berikut tembok rumah jebol dan merobohkan pembatas antara perumahan dan Sungai Bedadung sepanjang hampir 200 meter.

Berdasarkan data BPBD Jember kawasan yang terdampak adalah Desa Jelbuk, Desa Kalisat. Banjir juga menggenangi Perumahan Puri Antirogo di Desa Patemon. Selanjutnya di Kelurahan/Kecamatan Patrang, Kampung Durenan Kecamatan Patrang, Gladak Kembar di Kecamatan Sumbersari.

Kemudian Kelurahan Kepatihan di Kecamatan Kaliwates, Kecamatan Pakusari dan Jalan Bengawan Solo di Kecamatan Sumbersari, Perumahan Villa Indah Tegalbesar, dan Desa/Kecamatan Rambipuji.

Hingga Sabtu (30/1) pagi beberapa lokasi banjir sudah mulai surut, namun warga tetap siaga mengantisipasi banjir susulan seiring dengan curah hujan yang masih tinggi.

No More Posts Available.

No more pages to load.