Kabar Baik untuk Warga Sumenep, Umrah ke Tanah Suci Dibuka Lagi

oleh -

SUMENEP: Pemerintah Arab Saudi telah membuka kembali perjalanan umrah untuk umum per bulan November ini. Penerimaan kunjungan dari negara diluar Arab Saudi ini merupakan kabar baik bagi masyarakat Indonesia yang telah berlama-lama menunggu untuk berangkat ke tanah suci.

Kabar baik ini juga berlaku bagi warga Kabupaten Sumenep. Kemenag setempat juga telah menerima informasi bahwa jamaah asal Indonesia saat ini telah berangkat ke tanah suci untuk melakukan ibadah umroh.

“Jadi memang dibuka per bulan November ini. Warga Indonesia yang sudah berangkat untuk ibadah umroh itu ada sekitar tiga ratusan,” kata Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Sumenep, Rifai Hasyim. Senin, 2 November 2020.

Dia menjelaskan, Pemerintah Arab Saudi berkeputusan membuka umroh untuk umum diambil setelah sukses melakukan uji coba umroh tahap I dan II, pada tanggal 4 sampai 18 Oktober lalu. Jamaah yang ikut dalam umroh tahap I ini berasal dari muslim yang tinggal atau berada di Arab Saudi.

Namun begitu, walaupun Pemerintah Arab Saudi telah membuka untuk masyarakat dunia, pembatasan jamaah untuk melakukan umroh juga tetap dilakukan. Termasuk membatasi kedatangan para jamaah.

“Informasi yang kami terima, Pemerintah Arab Saudi hanya menerima sebanyak sepuluh ribu jamaah dari seluruh dunia,” jelasnya.

Untuk di Sumenep sendiri lanjut Hasyim, hingga saat ini belum menerima surat edaran dari Kementerian Agama Republik Indonesia apakah mendapatkan kuota untuk memberangkatkan jamaah atau tidak.

“Kami masih menunggu, karena informasi yang kami terima untuk Jawa Timur sendiri masih belum menerima kuota pemberangkatan jamaah umroh,” tandasnya. NOE

No More Posts Available.

No more pages to load.