Hujan Lebat Di Dua Hulu Sungai, 190 Rumah Di Mojoagung Terendam Banjir

oleh -

JOMBANG: Hujan deras yang terjadi wilayah hulu sungai Gunting dan Sungai Catak Banteng membuat tiga dusun yang berada di Desa Kademangan, Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang terendam banjir. Sedikitnya ada 190 rumah tergenang dan 15 kepala keluarga (KK) mengungsi di Balai Desa setempat. Pada Selasa (14/4) Pagi.

Tiga Dusun yang tergenang banjir yakni, yakni Dusun Kademangan, Dusun Pekunden dan Dusun Kebondalem. Ketinggian air bervariasi, mulai dari 50 sentimer hingga 150 sentimer.

Dari informasi yang dihimpun dilokasi kejadian, banjir datang pada pukul 02.30 dini hari dan hujan deras yang mengguyur diwilayah hulu sungai yang berada di Kecamatan Wonosalam mulai dari Sore hingga malam dan Pada dini hari pukul 01.00 hingga pukul 05.00 WIB.

Banjir Kecamatan Mojoagung pada Selasa 14 April 2020

“Banjir datang dengan cepat, pada pukul 02.30 saja sudah setinggi lutut didalam rumah, jika dijalan sudah satu meter lebih,”Ujar Mistarim (55) Salah seorang warga Desa Kademangan.

Ia menambahkan, banjir kali ini adalah banjir kedua selam tahun 2020, dan masih belum parah dibandingkan dengan kejadian banjir ditahun-tahun sebelumnya.”Belum parah kalau yang ini. Ini sudah dua kali ini terjadi di tahun 2020,” tandasnya.

Terpisah, Ketua Kampung Siaga Bencana (KSB) Desa Kademangan, Irwan Susanto mengatakan akibat banjir yang terjadi di desa Kademangan, sedikitnya ada 190 rumah terendam air. Selain rumah warga, sejumlah fasilitas publik juga ikut terdampak yakni 2 musala dan 1 Puskesos. Tak hanya itu, 15 KK juga sempat mengungsi di Balai Desa.

“Untuk mereka yang mengungsi saat ini sudah kembali kerumah masing-masing, semalam ada 15 KK yang mengungsi ke balai desa,”Jelasnya.

Saat ini, pihak pemerintah desa sudah menyiapkan dapur umum untuk melayani warga terdampak guna memenuhi kebutuhan makan. “Kebutuhan makan untuk saat ini dari relawan KSB sudah mulai memasak kebutuhan makan pagi, dan nanti sampai 3 kali makan,” pungkasnya.

NOE

No More Posts Available.

No more pages to load.