2019PelajarMenulis Berhadiah ke Singapura

oleh -

GRESIK– Peringatan HUT ke-73 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Hari Pers Nasional (HPN) tahun ini terasa lebih istimewa. PWI Gresik bekerja sama dengan DPRD Gresik bakal menggelar serangkaian program dan kegiatan menarik. Di antaranya, Essay Competition #2019PelajarMenulis, dengan hadiah utama wisata edukasi ke Singapura.

“Kami menyasar pelajar dan generasi milenial. Kami targetkan ada sebanyak 2019 orang pelajar mengikuti lomba menulis ini,” kata Asadi Iksan, ketua HPN PWI Gresik.

Menurut Asadi, program Essay Competition #2019PelajarMenulis ini untuk menggelorakan budaya literasi di kalangan anak-anak milenial. PWI ingin mengajak para pelajar untuk berkarya melalui tulisan yang bermanfaat dan menginspirasi. Baik untuk daerah maupun bangsa.
“Karena itu, tema yang kita angkat dalam lomba menulis ini adalah satu semangat kebangsaan untuk Indonesia,” ujarnya.

Deni Ali Setiono, koordinator lomba Essay Competition, menambahkan, program ini sekaligus upaya mengajak generasi milenial untuk terus gemar membaca dan menulis. Dia mengatakan, di tengah tsunami informasi seperti sekarang, masyarakat sering terpengaruh dengan informasi-informasi hoax.

Nah, dengan rajin membaca referensi tepercaya maka potensi hoax itu dapat dihindari. “Tentu saja yang dibaca adalah informasi dan pustaka yang tepercays. Begitu pula media yang dikonsumsinya,” jelas Deni.

Menurut Deni, dari sebanyak 2019 tulisan karya pelajar nanti diseleksi dewan juri dari beragam kalangan. Rencananya, 99 karya tulisan terbaik akan dijadikan sebuah buku. “Buku itu kita jadikan kado di Hari Jadi Gresik,” ungkapnya.

Karena istimewa, lanjut dia, hadiah utama bagi penulis terbaik akan diberangkatkan ke Singapura. Pemenang diajak untuk berwisata edukasi. “Nah, selama berkunjung ke Singapura itu, juga kita ajak untuk menuliskannya,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan Deni, HUT PWI dan HPN tahun ini juga terasa sangat istimewa. Sebab, peringatan puncaknya akan dipusatkan di Surabaya, Jatim, pada Februari nanti. Rencananya, Presiden Joko Widodo dan jajaran para menteri kabinet kerjs akan hadir. @VIN