DPMD Sumenep Gelar Pembekalan Panitia Pilkades Serentak 2019

oleh -

SUMENEP – Pemerintah Kabupaten Sumenep, melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) setempat melaksanakan kegiatan Pembekalan Panitia Pemilihan Kepala Desa tahun 2019.

Kegiatan yang digelar di salah satu hotel di Kabupaten Sumenep tersebut bermaksud untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas panitia pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak yang dijadwalkan akhir tahun 2019.

Kepala DPMD Sumenep, Mohammad Ramli menjelaskan, pembinaan yang dilakukan oleh pemerintah daerah dimaksud adalah diwakili oleh tiga unsur dari panitia yang telah dibentuk oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

“Setelah BPD merampungkan semua kepanitiaan Pilkades, kami undang tiga unsur panitia tersebut yakni ketua, sekretaris dan bendahara untuk dilakukan bimbingan dan pembekalan panitia Pilkades,” katanya.

Disebutkan, pelaksanaan kegiatan pembekalan tersebut dilaksanakan selama tiga hari. Yakni dimulai tanggal 2 Juli sampai 4 Juli 2019. Pilkades Serentak 2019 ini meliputi 226 desa yang ada di kabupaten ujung timur Madura.

“Jadi peserta yang hadir dalam pembekalan ini yakni 678 perwakilan dari desa, dan seluruh camat,” terangnya.

Dikatakan juga, pembekalan tersebut dilakukan guna memberikan pengetahuan kepada ketua panitia Pilkades terkait pentingnya memahami proses aturan dan regulasi di pilkades, kepada sekretaris panitia agar memahami pentingnya tertib administrasi, serta kepada bendahara agar paham bagaimana cara mengatur keuangan.

“Dalam hal ini kami mengundang pemateri yang kompeten dari dinas pengelolalaan keuangan, praktisi dan pakar hukum untuk bisa memberikan materi yang benar-benar bisa dipahami peserta,” tandasnya.

Untuk diketahui, Kabupaten Sumenep akan melaksanakan Pilkades Serentak pada November mendatang. Pilkades serentak tersebut dibagi dua, tanggal 7 untuk daratan, dan tanggal 14 kepulauan.

Editor. :  Rusmiyanto

No More Posts Available.

No more pages to load.