5 Rahasia Sehat dan Panjang Umur

oleh -

SEHAT dan dikaruniai panjang umur menjadi impian hampir setiap orang. Hanya saja tidak banyak yang tahu rahasia mewujudkannya.

Padahal resep sehat dan panjang umur sudah dibeber para peneliti. Apa saja? Dilansir dari Time, sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Circulation menyebutkan ada lima kebiasaan yang dapat memperpanjang umur Anda dalam satu dekade, berikut ulasannya:

1. Makan makanan sehat

Diet Mediterania menjadi salah satu pola hidup sehat yang direkomendasikan. Yaitu memakan banyak buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan hingga lemak sehat. Penelitian membuktikan orang yang makan makanan sehat 20%, dapat menurunkan risiko kematian dini hingga 17%.

2. Olahraga teratur

Berolahraga secara teratur adalah anugrah bagi kesehatan fisik dan mental Anda. Diperlukan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik atau 75 menit dalam seminggu untuk menjaga kesehatan dan mendapatkan umur panjang. Dalam sebuah penelitian disebutkan, hanya dengan bergerak selama 30 menit setiap hari dapat mengurangi risiko kematian dini sebesar 17%.

3. Mempertahankan berat badan ideal

Kebiasaan diet dan olahraga membantu orang mempertahankan berat badan yang sehat. Dalam studi Circulation didefinisikan sebagai indeks massa tubuh antara 18,5 dan 24,9.
Masalah obesitas dikaitkan dengan kondisi kronis termasuk diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular dan kanker. Itu semua dapat mempersingkat hidup Anda.

4. Hindari alkohol

Minuman keras memunculkan risiko kecanduan dan kanker. Para ahli medis menyarankan orang-orang membatasi konsumsi alkohol untuk menghindari masalah kesehatan sehingga panjang umur.

5. Tidak merokok

Selain memicu kanker paru-paru, merokok juga dikaitkan dengan masalah kesehatan serius termasuk serangan jantung, stroke dan kanker mulut hingga tenggorokan. Dampak itu menjadikan ancaman yang signifikan terhadap kesehatan dan umur panjang. Cara terbaik untuk mengurangi risiko, tentu saja, berhenti merokok.

No More Posts Available.

No more pages to load.