APK DPD Terpasang Di RTH Stadion Jombang

oleh -

JOMBANG – Alat Peraga Kampanye (APK) berupa banner foto salah satu Calon Legislatif (Caleg) untuk Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dapil Provinsi Jawa Timur dipasang di tempat yang dilarang. 

Dari pantauan kabarjatim.com, ada lebih dari lima APK yang dipasang di pohon di area Taman Terbuka Hijau (RTH) Stadion Jombang. Banner (APK) tersebut bergambar foto AA La Nyalla, Caleg DPD RI Dapil Provinsi Jawa Timur nomer urut 22.

“Dipasang tadi pagi mas, sekitar pukul 08:00 Wib oleh dua orang. Tapi saya tidak mengenal orang tersebut,” tutur Aceng, salah satu pedagang kaki lima di area RTH, Sabtu (06/04/2019).

Sementara itu, Bawaslu Kabupaten Jombang saat di konfirmasi di kantornya menegaskan, pihaknya belum mengetahui adanya pemasangan APK tersebut. Dikarenakan pemasangan baru pagi tadi. 

“Kami belum tahu kalau ada APK yang dipasang disana, sebab belum ada yang melapor,” tegas David, Divisi Pengawasan Bawaslu Jombang. 

Masih terang David, nanti akan kami lakukan pengecekan karena itu termasuk area yang dilarang untuk dipasangi APK juga atribut dari peserta pemilu. 

“Kami akan cek dulu, sebab ada beberapa jalan dan juga tempat yang tidak diperbolehkan dipasang APK dan atribut peserta pemilu,” imbuhnya. 

Hal itu, Sesuai dengan keputusan rapat pleno KPU Kabupaten Jombang pada tanggal 23 September 2018, sebagaimana tertuang dalam Berita Acara Rapat Pleno Nomer: 159/PL 03. 6-BA/02/KPU/IX/2018 tentang Penetapan Lokasi Rapat Umum Terbuka dan Pemasangan Alat Peraga Kampanye untuk Pelaksanaan Kampanye Pemilihan Umum tahun 2019.

“Diantaranya RTH Stadion Jombang yang berada di Jalan Hayam Wuruk, itu juga termasuk tempat yang dilarang dipasangi APK,” terang David. 

Guna penindakan pelanggaran tersebut, pihak Bawaslu akan melayangkan teguran kepada pihak yang terkait. 

“Kami akan layangkan teguran kepada timses dari caleg tersebut untuk segera menurunkan APK nya. Jika dalam waktu satu kali 24 jam usai dilakukan pemberitahuan tak juga di turunkan, maka kami akan lakukan pencopotan,” pungkasnya. 

Editor.  :  Rusmiyanto

No More Posts Available.

No more pages to load.