[PERNYATAAN SIKAP] Mahasiswa Ahlit Thoriqoh al Mu’tabaroh An Nahdliyah (MATAN) Kota Surabaya

oleh -

Bulan Ramadhan segera tiba, Menyambut bulan suci ini marilah kita menjaga momentum keharmonisannya agar kehusyu’an beribadah bisa tercipta.

Maraknya isu sara dalam memperjuangkan pemahaman golongan tertentu dan berujung terwujudnya sikap radikal dan terorisme, dengan biadabnya mereka melakukan hal yang sadis terhadap umat tak bersalah yang sejatinya mereka sudah menanamkan sikap toleransi kebhinekaan.

Islam mengajarkan nilai-nilai kesantunan dalam berdakwah. sebagaimana disebutkan dalam Al Qur’an surat An-Nahl ayat 125, serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan Al-Hikmah, pelajaran yang baik serta bantalah mereka dengan cara yang baik

Berdasarkan kejadian beruntun yang terjadi dalam sepekan ini, dimulai dari kejadian “Aksi Penyerangan Narapidana Teroris di Mako Brimob” dan kemudian disusul dengan kejadian “Pengeboman Tiga Gereja yang ada di surabaya” pada hari ini, Ahad (13/5).

Kasus hari ini yang menimbulkan beberapa korban meninggal dan korban luka-luka.
Dengan tegas,
Mahasiswa Ahlit Thoriqoh al Mu’tabaroh An Nahdliyah (MATAN) Kota Surabaya menyatakan sikap :

  1. Mengutuk segala macam tindakan kekerasan apalagi yang mengatasnamakan agama dengan modus teror, dan kebencian karena tidak sesuai dengan ciri ajaran islam yang rahmatan lil alamin.
  2. Menyampaikan rasa bela sungkawa yang sangat mendalam kepada keluarga korban musibah bom bunuh diri yang sedang di alami. Segala yang terjadi merupakan suratan takdir, maka harus dengan penuh sikap kedewasaan dan penuh kesabaran.
  3. Mendukung penuh upaya dan langkah langkah aparat untuk mengusut secara cepat dan tuntas terkait segala motif aksi teror ini hingga ke otak pelakunya.
  4. Mengajak seluruh warga indonesia untuk semakin kuat dan tidak takut dalam menyikapi aksi teror. Solidaritas dan Bersatu dalam membentuk barisan menghadang segala macam usaha memecah belah persatuan negara dan agama. Yang terpenting adalah tidak membuat spekulasi sendiri yang dapat memperkeruh keadaan.
  5. Menghimbau setiap pengurus, anggota, dan kader MATAN Kota Surabaya untuk senantiasa meningkatkan dzikrullah dan berdoa kepada Allah SWT untuk keselamatan dan keamanan.
  6. Mendesak pemerintah untuk mengambil langkah tegas terkait dalam penanganan aksi dan isu terorisme ini.

Demikian pernyataan sikap yang kami buat. Mari kita rangkul seluruh umat beragama demi mewujudkan makna kebhinekaan yang sebenarnya.

Surabaya, 13 Mei 2018

Ashdaq Fillah FR
(Ketua Mahasiswa Ahlit Thoriqoh al Mu’tabaroh An Nahdliyah (MATAN) Kota Surabaya)

No More Posts Available.

No more pages to load.