500 Nelayan Banyuwangi “Lurug’ Kantor Pemda dan DPRD, Besok !!!

oleh -
Demo Nelanyan Banyuwangi sebelumnya, yang menolak Peraturan Menteri

BANYUWANGI – Sebanyak 5000 nelayan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, akan lurug kantor Pemerintah Daerah (Pemda) Banyuwangi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banyuwangi. Aksi demo besar-bersaran ini kaitanya dengan penolakan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan No 1 tahun 2015 junto 5,6 Tahun 2016 tentang batasan ukuran penangkapan Lobster (Panulirus spp), Kepiting (Scyllaspp) dan Rajungan (Portunius pelagicus spp) telah ditetapkan pada tanggal 6 Januari 2015 yang lalu.

Menurut Siswoyo, salah satu tokoh nelayan mengatakan, bahwa kebijakan tersebut dinilai sangat tak berpihak pada nelayan kecil seperti yang ada di pesisir pantai selatan.

“Kita hearing dan aksi pemasangan spanduk tak ada respon. Besok akan ada aksi susulan di Banyuwangi yg akan dilakukan oleh nelayan se-Banyuwangi,” kata Siswoyo, Minggu (16/7/2017).

Dirinya dan nelayan menuntut penghapusan Permen yang di anggap justru menyengsarakan masyarakat yang menggantungkan hidupnya di lautan tersebut dan menginginkan Susi Pudjiastuti selaku mentri perikanan dan kelautan mundur dari jabatannya.

Nelayan menginginkan anggota dewan yang sering menerima aduan para nelayan lebih proaktif dan serius menyikapi permasalahan ekonomi nelayan, yang saat ini kesulitan mencari ikan.

“Makanya kita akan turun dengan masa yg lebih banyak karena dari hasil hering dengan anggota dewan tidak membuahkan hasil sampai saat ini. Kita ingin anggota dewan pro aktif dengan bentuk permasalahan yg ada di masyarakat seperti nelayan seperti kami, ” terangnya.

No More Posts Available.

No more pages to load.