20 Kelompok Ternak di Bondowoso Terima Bantuan Kambing

oleh -
Penyerahan Bantuan Kambing (Eko/Kabarjatim)
Penyerahan Bantuan Kambing (Eko/Kabarjatim)

BONDOWOSO-Dinas Pertanian Perkebunan dan Peternakan (Disperta) Kabupaten Bondowoso, terus merangsang kelompok untuk dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di bidang peternakan.

Kali ini rangsangan itu berupa bantuan ternak kambing dan domba yang melibatkan 20 kelompok di 15 Kecamatan di Bondowoso.

Hal itu disampaikan Kepala Disperta Bondowoso Munandar bahwa terdapat 20 kelompok pada akhir tahun 2018 yang mendapatkan bantuan yang sama. Bantuan yang bersumber dari Alokasi Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tersebar di 15 Kecamatan.

“Masing – masing kelompok mendapatkan 11 ekor. Harapan kami, kelompok yang sudah mendapatkan bantuan, dapat meningkatkan populasi bantuan yang telah kami berikan. Sehingga, dapat meningkatkan ekonomi kelompok.” kata Munandar melalui Telepon Selulernya,Minggu (9/12/2018).

Menurut Munandar, bantuan yang diberikan kepada kelompok memiliki garansi selama satu minggu.  Pihak Disperta, selalu memantau pekembangan selama seminggu sejak bantuan diterima oleh kelompok. Jika terdapat kematian, pihak Disperta akan mengganti dengan yang baru.

Ada beberapa ketentuan kata Munadar untuk dapat menerima bantuan dari Disperta. Kelompok yang sudah terbentuk, mengajukan proposal. Setelah itu, pihak Disperta akan melakukan peninjauan kelokasi. Apakah kelompok yang mengajukan proposal betul kemberadaannya. Bukan hanya sekedar formalitas belaka. Hal itu untuk mengantisipasi beberapa kejadian, kelompok menjual bantuan yang telah diberikan oleh Disperta. @VIN