20.000 lebih warga Sampang daftar Banpres BPUM

oleh -

SAMPANG: Dinas Koperasi Usaha Mikro Kabupaten Sampang mencatat lebih dari 20.000 warga yang ada dikabupaten setempat mendaftar sebagai Program bantuan presiden (Banpres) Produktif Usaha Mikro (BPUM). Bantuan tersebut diharapkan dapat memulihkan stabilitas ekonomi masyarakat.

Kepala Bidang (Kabid) Kelembagaan dan Pengawasan Usaha Mikro, Kurnia Sufartina menjelaskan pengusulan dimulai sejak bulan juni 2020 dengan jumlah kurang lebih sebanyak 20 000 pelaku usaha. sedangkan untuk jumlah penerimanya ia mengaku belum mengantongi data sebab yang tahu jumlah penerima adalah pihak perbankan.

“Yang melalui dinas jumlah pendaftar kurang lebih sebanyak 20.000 dan kita tidak punya data penerima karena perbankan yang meyalurkan dan kita mengirimkan surat pada perbankan masih belum dibalas sampai sekarang,”Ujarnya pada kabarjatim Rabu 25 November 2020.

Menurutnya, pengusulan bantuan UMKM tidak semuanya melalui dinas koperasi setempat. bahkan bisa melalui lembaga yang berbadan hukum atau mandiri secara online. ia mengakui dengan adanya program tersebut terjadi pergerakan ekonomi yang membaik dimasa covid 19.

“Karena memang data itu tidak tersentral ke kita yang banyak itu melalui lembaga di luar dinas  koperasi dan mengusulkan sendiri secara online,”Tambahnya.

ia kemudian mengatakan Dinas Koperasi Usaha Mikro Kabupaten Sampang sempat di target sebanyak 79 ribu pengusul oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Namun karena data pengusul tidak tersentral di dinas koperasi hingga saat ini kepastian jumlah data pengusul masih belum doketahui.

“Sampai saat ini banyak pengusul yang masih belum mendapatkan bantuan dan kita masih menunggu karena sebagian data pengusul juga ada yang sudah keluar,” pungkasnya. NOE