150 Siswa SD Bersaing di OSN Tingkat Kabupaten Sumenep

oleh -

SUMENEP-Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, melaksanakan lomba Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat kabupaten. Dalam lomba tersebut, ada dua materi yang di lombakan. Yakni Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Kegiatan yang akan digelar selama dua hari, yakni dari tanggal 14-15 Maret itu, diikuti sebanyak 150 siswa tingkat sekolah dasar (SD) dan yang sederajat.

Plt. Kepala Disdik Sumenep, Mohamad Saidi melalui Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar mengatakan, kegiatan OSN ini dimulai dari tingkat kecamatan sampai nasional sesuai surat edaran dari Kementerian Pendidikan Republik Indonesia.

“Yang jelas agenda ini mengacu pada Kementerian, pelaksanaannya secara berjenjang mulai tingkat Kecamatan hingga Nasional,” katanya, ditemui dilokasi OSN.

Menurutnya, sesuai ketentuan seleksi tingkat kecamatan sudah dilakukan, ditetepkan 3 siswa terbaik mata pelajaran Matematika dan IPA, yang selanjutkan mereka harus ikut seleksi ketat di tingkat Kabupaten.

“Pesertanya yang Matematika ada 75, dan yang IPA ada 75 juga, jadi totalnya 150 siswa. Alhamdulillah semua sekolah ada,” terangnya.

Nantinya, lanjut Saidi, setelah selesai penyeleksian siswa di OSN itu, akan ditetapkan pemenang dari juara 1 sampai 3. Kemudian dilanjutkan dengan juara harapan 1 sampai 3.

Setelah menjuarai di tingkat kabupaten, pemenang juara akan didelegasikan untuk mengikuti OSN tingkat provinsi yang selanjutnya akan naik ke tingkat nasional.

Saidi berharap, semangat para siswa tidak kalah dengan siswa tahun lalu. Sebab pada tahun 2018 itu, perwakilan Disdik Sumenep menjuarai ditingkat nasional. “Tahun lalu kami sudah bisa menjuarai. Jadi tahun 2019 ini kami pasti juara lagi,” tandasnya.

Editor : Nurul Arifin