15 Wartawan Terdampak Covid-19 Dapat Journalist Fellowship Program

oleh -

Jakarta – Sebanyak 15 jurnalis terpilih mengikuti Journalist Fellowship Program 2020, program bagi para jurnalis di Indonesia yang terkena dampak efisiensi akibat pandemi Covid-19.

Inisiatif yang merupakan kolaborasi dari Maverick bersama Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia ini akan berlangsung selama 5 minggu ke depan, mulai dari 21 September hingga 23 Oktober 2020.

Para jurnalis ini terpilih melalui proses seleksi yang dilakukan oleh AJI Indonesia. Dari sebanyak 61 pendaftar, dipilih 15 jurnalis yang berasal dari berbagai daerah seperti Batam, Gorontalo, Pontianak, Palembang, Semarang, Bandung, dan DKI Jakarta, untuk mendapatkan program ini.
Program ini terdiri dari rangkaian kegiatan pelatihan dan beasiswa.

Pelatihan diberikan secara daring untuk tema terkait penulisan berita, pedoman keselamatan meliput saat pandemi, hingga materi-materi yang membantu pengembangan kapasitas jurnalis. Pelaksanaan program ini didukung Danone Indonesia sebagai sponsor utama, Jenius sebagai sponsor pendamping, serta partisipasi dari Nutrifood.

“Dalam proses seleksi peserta jurnalis, kami mempertimbangkan rekam jejak dan seberapa besar dampak dari pandemi yang dialami para pendaftar, kualitas ide liputan yang diusulkan, serta keterwakilan wilayah dan gender para pendaftar,” kata Ketua Umum AJI Indonesia, Abdul Manan.

Abdul Manan menambahkan, selain mendapatkan sesi daring yang bertujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, peserta juga akan menerima pendampingan dari tiga jurnalis senior yang bertindak sebagai mentor selama program berlangsung. Tiga jurnalis senior ini masing-masing Mahdi Muhammad dari Harian Kompas, Jajang Jamaluddin dari Koran Tempo dan Mawa Kresna dari Haluan.co.

Sebagai sponsor utama, Danone Indonesia berharap program ini bisa membantu jurnalis baik secara ekonomi maupun dalam mengembangkan kapasitas.

“Kami berharap Journalist Fellowship Program di tahun 2020 ini dapat sedikit banyak memberi dukungan dan meringankan beban dari rekan-rekan jurnalis, khususnya yang terkena dampak pada situasi pandemi saat ini,” kata Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto.

Pelaksanaan Journalist Fellowship Program 2020 ini, diakui Direktur Maverick Lita Soenardi, cukup disambut antusias oleh para jurnalis dan juga pelaku industri komunikasi. Oleh karena itu, saat ini Maverick dan AJI Indonesia juga tengah merencanakan pelaksanaan Journalist Fellowship Program – Batch 2.

“Program yang akan dilaksanakan pada November-Desember 2020 mendatang ini diharapkan bisa menjangkau lebih banyak lagi jurnalis yang terkena dampak efisiensi dari berbagai daerah di Indonesia. Untuk itu, kami membuka kesempatan kepada semua pelaku industri untuk ikut berpartisipasi,” kata Direktur Maverick, Lita Soenardi.