Tips Menyiapkan Mobil Saat Libur Lebaran

Ilustrasi (pixabay)

SURABAYA-Saat libur lebaran mobil memang perlu dipersiapkan. Betapa menyenangkan saat hari libur lebaran yang ditunggu-tunggu telah tiba, karena disaat itulah anda bisa mengajak keluarga pergi berlibur keluar kota. Dari sekian banyak moda transportasi yang ada, mobil pribadi masih merupakan salah satu alat transportasi favorit untuk digunakan menempuh perjalanan jauh.

Berbeda dengan pengendaraan di dalam kota, perjalanan jauh dengan mobil membutuhkan persiapan yang matang supaya liburan anda bisa berjalan dengan lancar. Setelah semua barang bawaan dan perbekalan disiapkan, ada dua hal yang tidak boleh luput dari perhatian anda. Yang pertama adalah anda sebagai pengemudi, yang kedua adalah mobil anda sendiri.

Pastikan Tubuh dalam Kondisi Sehat

Bagi pengemudi yang akan melakukan perjalanan jauh, pastikan tubuh dalam kondisi yang sehat dan layak untuk mengemudi dalam jarak yang panjang. Atur waktu keberangkatan secermat mungkin, supaya anda bisa tidur cukup sebelum memulai perjalanan. Harap diingat bahwa yang menentukan keselamatan anda dan keluarga di jalan bukan seberapa lama dan seberapa jauh pengalaman anda dalam mengemudi tapi yang menentukan adalah seberapa sehat kondisi tubuh anda saat itu dan seberapa baik indera penglihatan anda dapat melihat sehingga otak dengan cepat bisa merespon segala situasi. Jadi jangan paksakan diri anda mengemudi disaat kondisi tubuh sedang tidak fit, apalagi jika sedang dibawah pengaruh obat yang memang harus anda konsumsi saat itu.

Periksa Kartu Servis Mobil Anda

Untuk mobil yang akan digunakan libur lebaran, ada baiknya anda melirik kembali kartu servis mobil anda, perhatikan dengan cermat jarak tempuh saat ini dengan interval servis berikutnya dan perkirakan jarak perjalanan yang akan anda tempuh. Apabila masih jauh, anda bisa saja tidak perlu melakukan servis terlebih dahulu, tapi bila sudah dekat dengan jadwal servis berikut, segeralah lakukan. Biasanya di masa-masa libur, banyak bengkel resmi dari berbagai merk mobil yang menggelar pengecekan gratis, manfaatkan fasilitas ini agar mobil anda dapat di diagnosa untuk mengetahui apa saja yang perlu diperbaiki atau diganti. Apabila ada, minta dan catatlah alamat serta nomor telepon dari jaringan bengkel resmi yang ada di daerah yang akan anda lalui, ini akan sangat berguna apabila mobil anda mengalami gangguan.

Jangan Lupakan Tool Kit Mobil

Tak lupa, bawalah peralatan wajib seperti ban cadangan beserta dongkrak dan kunci ban, satu set tool kit standar, senter, sekering cadangan, bohlam lampu utama dan lampu rem untuk berjaga-jaga apabila lampu anda mati di tengah jalan, tali kipas cadangan, oli mesin 1 (satu) liter, air cadangan untuk radiator beberapa botol, strap atau tali untuk menderek, kotak P3K dan segitiga pengaman. Khusus untuk air cadangan radiator, sebaiknya jangan bawa air mentah atau air tanah, bawa saja air yang dapat dikonsumsi. Mengapa? Anggaplah anda tidak membutuhkannya untuk mengisi radiator, tetapi dalam keadaan darurat anda dapat mengkonsumsinya.

Setelah semua siap, susun barang bawaan anda di bagasi mobil dengan tepat, tempatkan barang yang tidak akan dibutuhkan selama perjalanan di tempat yang dalam atau paling bawah baru kemudian tempatkan barang yang kemungkinan akan anda perlukan. Jangan membawa barang berlebihan, apalagi sampai menutupi kaca spion tengah, ini akan membuat anda kesulitan memantau kondisi di belakang mobil anda. Apabila anda menaruh barang di rak atap mobil, perhatikan ketinggian susunannya, apabila terlalu tinggi akan berpengaruh pada kestabilan mobil anda saat bermanuver di tikungan dan bisa membuat mobil terbalik karena kehilangan kontrol. Untuk kenyamanan di dalam kabin, sebaiknya tempatkan barang-barang yang penting saja, misal bekal makanan dan minuman serta obat-obatan pribadi.

Istirahat Jika Mengantuk di Perjalanan

Saat mengemudi jarak jauh, tak jarang kantuk menyerang di tengah perjalanan, apabila hal ini terjadi pada anda, segeralah menepi di tempat yang aman, misalnya di tempat peristirahatan atau SPBU. Gunakan waktu untuk beristirahat dan tidur bila perlu. Jangan memaksakan diri dengan meminum minuman berkafein seperti kopi atau minuman energi karena minuman ini hanya akan memiliki efek sementara saja. Setelah selesai beristirahat, keluarlah dari mobil, basuh wajah anda dengan air dan lakukan senam ringan, ini akan membantu tubuh anda kembali segar dan rileks, jangan lupa konsumsi air putih secukupnya setelah itu. Apabila anda ingin makan, sangat disarankan untuk tidak makan berlebihan karena hanya akan membuat anda mengantuk saat mengemudi.

Semoga tips dan trik diatas dapat membantu anda dalam mempersiapkan perjalanan jauh. Selamat berlibur lebaran.