Jogjakarta VW Festival 2022 Semarakkan Candi Prambanan Akhir Pekan Ini

SURABAYA – Jogjakarta VW Festival 2022 siap digelar di Taman Wisata Candi Prambanan pada akhir pekan ini, 16 dan 17 Juli 2022.

Menggandeng Volkswagen Club Yogyakarta, Injourney sulap kawasan Taman Wisata Candi Prambanan menjadi panggung untuk seni dan kreatifitas masyarakat Jogjakarta.

Masyarakat Yogyakarta yang terkenal dengan guyub, ramah, menjunjung tinggi budaya, dan memiliki jiwa seni tinggi menjadi semangat awal tercetusnya inisiasi penyelenggaraan acara oleh komunitas lokal. Pemilihan lokasi kegiatan di Candi Prambanan pun dinilai tepat sebagai wujud kecintaan masyarakat Jogjakarta terhadap sejarah dan budaya di kawasan sekitar.

“Kami senantiasa berkomitmen untuk menghidupkan kembali sektor pariwisata di Indonesia pasca pandemi dan pergerakan nyata yang kami lakukan salah satunya ialah dengan memberikan dukungan pada penggerak seni untuk menciptakan atraksi-atraksi pada destinasi wisata di Indonesia untuk menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara”, ujar Dony Oskaria, Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero).

Dony menambahkan bahwa dengan dipilihnya kawasan Candi Prambanan sebagai tempat penyelenggaraan event ini merupakan suatu hal yang patut diapresiasi. Candi Prambanan sebagai salah satu ikon pariwisata heritage dirasa akan semakin menarik untuk dikunjungi bagi wisatawan. Tentunya hal ini akan menambah value serta memperkuat daya tarik Candi Prambanan itu sendiri. Dony berharap dengan semakin maraknya kegiatan event di Candi Prambanan akan menjadi roda penggerak sektor ekonomi khususnya bagi masyarakat di sekitar wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Festival yang sejatinya secara rutin digelar tiap dua tahun sekali sejak 2013, 2015, 2017, dan 2019 saat ini baru dapat diadakan kembali mengingat kondisi Pandemi Covid-19 di Indonesia. Pun penyelenggaraannya di tahun ini akan tetap memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan.

Acara ini akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan komunitas, pertunjukan seni, hingga kompetisi. Berbagai kegiatan menarik selama dua hari seperti live grafitti, Ramayana dance performance, special podcast performance, lucky draw, hingga food festival, Jogjakarta VW Festival Show and Shine Award dapat dinikmati oleh para pengunjung. Tak hanya itu, festival ini digarap apik dengan menghadirkan kemeriahan penampilan musisi papan atas tanah air seperti Sheila On 7, Tipe-X, Ipang Lazuardi, dan Tony Q Rastafara.

“Meski belum 100 persen pulih dari situasi pandemi, kami harapkan masyarakat dan panitia tetap mengedepankan protokol kesehatan untuk menjaga dan meminimalisasi pencegahan penularan virus Covid-19,” kata Dony.