Ingin Santri Naik Kelas, Erick Thohir Gelontorkan Bantuan untuk Pesantren

JOMBANG – Menteri BUMN Erick Thohir terus berupaya untuk meningkatkan kompetensi para santri agar naik kelas. Salah satu langkahnya dengan memfasilitasi kebutuhan pendidikan pondok pesantren. Seperti yang dilakukan Erick Thohir di Ponpes Darul Ulum, Jombang, Jawa Timur (Jatim).

Demi menggenjot kompetensi santri di sana, Eks Presiden Inter Milan itu merealisasikan bantuan yang dibutuhkan pesantren. Erick Thohir mengatakan dana tersebut merupakan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN di bidang pendidikan.

Bantuan uang tersebut nantinya bakal dimanfaatkan untuk mendukung pendidikan interaktif visual yang akan dipasang di setiap kelas-kelas di Ponpes yang sudah berdiri sejak 1885 tersebut.

Realisasi bantuan dari Erick Thohir diterima dengan penuh suka cita oleh Pengasuh Pondok Tinggi Darul Ulum, HM Zahrul Jihad. Gus Heri sapaan akrabnya menyebut bantuan ini berfungsi untuk menunjang para santri dan siswa dalam menuntut ilmu.

“Insya Allah realisasi bantuan dari Pak Erick Thohir bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi para santri dan siswa di Darul Ulum,” ujar Gus Heri.

Gus Heri mengakui Erick Thohir adalah figur pemimpin yang begitu mencintai pesantren dan peduli terhadap pertumbuhan santri. Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) itu juga memiliki kedekatan dengan para kiai dan alim ulama, khususnya dari NU.

Menurut Gus Heri, figur seperti Erick Thohir adalah tokoh yang dibutuhkan Indonesia. Sosoknya yang peduli terhadap pesantren menjadi alasan Gus Heri jatuh hati kepada Eks Presiden Inter Milan itu.

“Harus diakui, kepedulian Pak Erick Thohir terhadap pesantren dan kedekatannya dengan alim ulama serta track recordnya sebagai pemimpin membuat sosoknya saya kira dibutuhkan oleh bangsa Indonesia,” ujarnya.