Fatayat Antusias Latihan Buat Tas Pesta Kain Tenun, Guna Ramaikan Peringati HUT Jatim Ke-77

SURABAYA: Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jatim ikut meramaikan peringatan HUT Jatim ke-77 di Bakorwil Bojonegoro, Minggu, (13/11/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jatim membuka pelatihan bagi anggota Fatayat NU Bojonegoro melalui Program Sinau Nang Ndeso (Sinando).

Program Sinando kali ini menghadirkan pelatihan pembuatan Clutch tenun atau tas pesta berbahan kain tenun. Pelatihan dipandu oleh Siti Nur hidayah dari UKM Zahida Painting Bojonegoro.

Para peserta terlihat sangat antusias mengikuti pelatihan, mereka menirukan  arahan instruktur tahap demi tahap demi menghasilkan produk tas pesta yang cantik dan layak dijual tentunya.

Sinando atau Sinau Nang Ndeso adalah kegiatan pelatihan keterampilan untuk pelaku usaha kecil menengah dengan tujuan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia pelaku usaha di perdesaan.

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jatim Soekaryo mengatakan, kegiatan Sinando  diharapkan dapat mendorong dan mengungkit berkembangnya usaha-usaha ekonomi pedesaan sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat desa dan mendorong terciptanya produk unggulan masyarakat dalam kemasan usaha kecil menengah.

“Selain membantu percepatan pemulihan ekonomi perdesaan di Jawa Timur ditengah pandemi Covid-19,  Sinando juga dipercaya meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia, dan meningkatkan produksi dan pemasaran pengembangan usaha,” kata Soekaryo.

Selain itu juga memberikan stimulus kepada pelaku usaha untuk inovasi
usaha dan peningkatan pemasaran serta promosi, meningkatkan pemberdayaan dan menumbuhkan perekonomian masyarakat perdesaan, serta mendorong terciptanya produk unggulan masyarakat dalam
One Village One Produk (OVOP).

Rangkaian peringatan Hari Jadi ke -77 Provinsi Jawa Timur di Bakorwil Bojonegoro diramaikan dengan berbagai kegiatan, selain pelatihan anggota Fatayat NU yang diberikan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Jatim, juga ada jalan sehat, festival Band pelajar, bazar produk UMKM hingga layanan ketenagakerjaan dan layanan administrasi gratis.

Kepala Bakorwil Bojonegoro Agung Subagyo mengatakan, harapan dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa gema HUT sampai di rasakan masyarakat di kabupaten/ kota.

“Karena di tahun tahun sebelumnya kegiatan hari jadi Jatim dilaksanakan di gedung Grahadi, dan pada tahun ini beliau memberikan arahan bahwa agar gema hari jadi peringatan gaungnya sampai di rasakan masyarakat di Bojonegoro,” katanya.

Sebelumnya, acara yang sama juga digelar di 3 wilayah Bakorwil yakni Bakorwil Malang, Bakorwil Madiun, dan Bakorwil Pamekasan.