Di Malang, Erick Thohir dan Ganjar Pranowo Saling Lempar Pujian

Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

MALANG – Kedekatan Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memang sudah tak diragukan lagi. Kedua tokoh ini kerap terekam saling melemparkan pujian dalam setiap kesempatan.

Seperti ketika keduanya menghadiri acara Talk Show Transformasi Digital di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Ganjar memuji penjelasan mendalam visi pemerintah mewujudkan Indonesia Emas 2045 dengan mencetak pemuda yang mahir dalam menggunakan dan memanfaatkan teknologi.

“Pak Erick sudah menyampaikan dengan sangat piawai. Beliau adalah pelaku yang tiap hari mencoba menterjemahkan apa yang menjadi visi presiden. Itu crystal clear, betul-betul bagus,” ujar Ganjar dalam Seminar Nasional Transformasi Digital: Menakar Kebijakan Pemerintah dalam Mempersiapkan SDM Unggul Berdaya Saing Global via Zoom, akhir pekan kemarin.

Setelah memuji, Ganjar mendorong mahasiswa UMM untuk mengulik informasi terkait transformasi digital dari Erick yang sangat fasih dalam bidang tersebut. Menurutnya, penting bagi mahasiswa mengetahui secara menyeluruh pemaparan visi Indonesia Emas 2045 dari Erick sebagai bekal untuk masa depan.

“Nanti teman-teman di UMM boleh diulik Pak Erick lebih banyak lagi. Sehingga Pak Erick bisa bercerita sampai, kira-kira kalau istilah bola itu sudah sampai di depan gawang,” ujar Ganjar.

“Dan kalau teman-teman ingin bisa berpartisipasi, masing-masing akan bisa menyiapkan diri untuk berperan lebih aktif lagi,” ujarnya.

Erick yang mendapatkan pujian dari Ganjar pun menyanjung balik. Saat suara sambungan orang nomor satu di Jateng tersebut sudah tersambung kembali karena sempat mengalami noise atau gangguan, Erick menimpali singkat dengan mengatakan suara bagus seperti figurnya. “Sebagus orangnya,” ujar Erick yang disambut tepuk meriah peserta.

Setelah itu, Erick mengatakan kementerian, perusahaan dan anak usaha BUMN terus mendorong terjadi sinergitas yang kuat antara pusat dan daerah. Di antaranya adalah sinergi dan kolaborasi Kementerian BUMN bersama Pemprov Jateng dengan memberikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari Himbara kepada usaha kecil dan menengah (UKM) menjadi lebih berkembang dan maju.

Selain itu, kolaborasi juga terjadi berupa bantuan alat kesehatan dan fasilitas vaksinasi sebagai bentuk dukungan untuk percepatan penanganan pandemi virus Covid-19.

“Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah siap. Selama sama-sama membangun ekosistem bersama,” tutur Erick.

Terakhir, Erick juga mengatakan terima kasih kepada Ganjar karena telah terbuka untuk menjalin kerja sama dengan BUMN. Pembahasan kerja antara BUMN dan Pemprov Jateng untuk kemajuan Indonesia dan peningkatan masyarakat akan dilanjutkan oleh keduanya ketika nanti Erick menyambangi wilayah pemerintahan Ganjar. “Terima kasih Pak Ganjar. Sampai bertemu di Jawa Tengah,” tutur Erick.